First Drive Ford Focus RS, Daily Rally Flavour

Posted: Selasa, 06 April 2010 by Andri Akbar Wiguna in
0

Mendengar nama Ford Focus RS, yang terbayang adalah salah satu mobil peserta di kejuaraan reli dunia (WRC). Nah, kini Focus RS telah hadir di sini, namun hatchback itu tak sama persis dengan yang di WRC.

Hanya saja, yang menarik adanya emblem ‘RS’ membuatnya beda dari Focus yang dijual ATPM di Indonesia. Karena memiliki performa tinggi alias Focus terkencang versi jalan raya dengan tenaganya yang mencapai 305 dk.

ATLETIS

Ford Focus, standarnya saja sudah menakjubkan. Jadi jika Focus RS dibekali fitur yang dikembangkan khusus, seperti turbo pada mesin Duratech 2.500 cc, membuatnya lebih bertenaga dan serasa mengasyikkan dikemudikan setiap hari.

Selain itu, berbagai inovasi sasis dikembangkan untuknya guna mengoptimalkan pengendalian yang dinamis. Juga performanya di jalan lewat sistem all-wheel drive (AWD) berteknologi maju, dikombinasi dengan limited-slip differential (LSD).

Mobil yang dibuat di Saarlouis, Jerman tetapi dikembangkan Ford TeamRS, Inggris ini basisnya dari Focus ST. Focus RS dapat keuntungan dari pengetahuan teknisi yang sukses dengan program motorsport, khususnya Focus World Rally Car.

Sosok Focus RS begitu atletis, ditambah lekukan bumpernya yang juga berfungsi mengalirkan udara, plus kisi-kisi besar untuk intercooler di bawah pelat nomor. Lampu utama Xenon HID dengan frame bawah warna hitam membuatnya terlihat agresif.


Sat dihidupkan, suara mesin Duratec begitu menggelegar

Kokpit dan Interior bedesain modern dan stylish. Jok depan biar model bucket seat namun tetap nyaman

Diffuser dengan empat bilah, bukan sekedar pajangan

Pilar C kokoh layak mobil reli


Dua ventilasi di kap mesin yang merupakan asli fitur sebuah mobil racing, buat menjaga sistem temperatur. Peleknya ukuran 19 inci terlihat gagah, ditambah spoiler belakang besar dan knalpot ganda yang juga besar.

Logo RS muncul di ventilasi depan, samping bodi, belakang, bahkan pelek dan juga di ornamen interior. Benar-benar menegaskan mobil ini dibekali teknologi racing. Menggendong mesin Duratec 2.500 cc, top speed sekitar 256 km/jam.

“Mesin turbo 5 silindernya telah direvisi, menghasilkan tenaga 305 dk ,” terang Ferdy Santoso, direktur Blinkz Blinkz Motors, IU di Kelapa Gading, Jakut. Melaju dari 0-100 km/jam ditempuh kurang dari 6 detik.

Soal pengendalian, reputasi Focus begitu menakjubkan dan kualitasnya ditingkatkan pada Focus RS. Walau memiliki tenaga besar, RS dapat berhenti dengan baik, berkat sistem pengereman yang juga telah ditingkatkan.

Masuk ke kabin, tampak desain, warna, instrumen dan trim interior semuanya modern dan stylish. Joknya Recaro sport berkemampuan tinggi, dilapis kulit. Buat penumpang depan, jok model bucket seat alias bagian atasnya sudah dilengkapi dua lubang buat safetybelt.

Kokpit bernuasa aluminium, konsol tengah carbon-look. Di situ terdapat tombol start dan tongkat persneling manual 6-tingkat percepatan. Panel instrumen turbo ada di tengah atas dasbor. Terdapat juga layar sentuh 7inci.

Meski bernuansa balap, unsur hiburan tak dilupakan. Seperti CD, MP3 player dan USB connector. Pengendalian sistem audio ada di balik kemudi, atau gunakan perintah suara untuk Bluetooth dengan teknologi Voice Control.

Blinkz Blinkz 021-45853111

Penulis/Foto: Fend / F.Yosi

Sumber : http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/9876

0 komentar: